SEO SIZE MENGOPTIMALKAN UKURAN FILE HALAMAN WEB

SEO SIZE merupakan teknik SEO dalam hal pengoptimalan ukuran File Halaman Web. Secara umum gambaran teknik yang dilakukan adalah memperkecil ukuran file halaman web agar robot mesin pencari senang karena cepat  dan tidak capek atau kewalahan dalam mengcrawling / menjelajahi halaman web yang ada pada website kita.

Pada prinsipnya ukuran maksimal file web yang relevan dan disenangi robot adalah maksimal 100kb.Lebih dari itu robot akan malas kembali berkunjung ke suatu halaman web yang dirasanya sangat melelahkan.Oleh karena itu perlu adanya antisipasi bagi setiap webmaster dalam mengoptimalkan ukuran file halaman web yang telah dibuatnya agar tidak melebihi ukuran maksimal yang disenangi robot mesin pencari.Sama seperti halnya manusia,tentunya manusia akan cenderung menutup halaman web yang dirasanya terlalu menyita waktunya karena terlalu lama menunggu waktu loading dari halaman web yang dikunjungi manusia tersebut.

SEO

Untuk mengatasi hal-hal yang akan membuat website para webmaster dijauhi mesin pencari dan manusia maka langkah-langkah berikut perlu diterapkan para webmaster untuk kerja keras mengoptimalkan ukuran file halaman web yang telah dibuat agar menghasilkan energi web yang super cepat karena kerja keras adalah energi kita.

1)Mengkompres /memperkecil ukuran struktur kode pemrograman web baik itu struktur HTML,php,javascript dan bahasa pemrograman web lainnya yang telah dibuat.
2)Mengkompres CSS Template yang telah dibuat.
3)Mengkompres ukuran file images (gambar)
4)Mengurangi komponen-komponen yang akan memperbesar halaman saja sehingga memperlambat waktu akses halaman web tersebut.Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuang javascript yang tidak perlu,gambar-gambar yang tidak perlu,dan lain-lain yang anda rasa tidak perlu demi kelancaran akses setiap halaman web anda.

Untuk Platform Blogger sendiri langkah-langkah tips berikut yang saya paparkan kiranya dapat membantu anda dalam mengoptimalkan halaman blog yang telah anda buat.

1)Mengurangi pemakaian gambar yang berlebihan. Jika anda merasa gambar itu penting untuk keindahan maka ada baiknya gambar yang ada telah anda kompress perkecil sampai sekecil mungkin.memang tindakan kompresi gambar akan mengurangi keindahan kualitas dari gambar aslinya,namun demi kelancaran akses blog anda hendaknya seluruh gambar dikompress dengan menggunakan tools aplikasi photo editor seperti adobe photoshop.
2)Mengcompressi file css. Ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan tools aplikasi kompresi css.anda bisa searching di google untuk melihatnya.
3)Mengkompres file Javascript. ada sebuah tools yang sangat bagus milik javascript compressor,dan saya juga sering menggunakannya untuk mengkompressi file javascript.
4)Membuang seluruh gadget/komponen yang ada di side bar pada saat membidik keyword  yang ditargetkan pada halaman postingan  tertentu agar maksimal diposisi 1 search engine google.Jadi yang tersisa hanya gadget postingan saja dan header serta footer sementara sidebar di tiadakan.Hal ini bisa dilakukan dengan sedikit sentuhan teknik css.

Berikut Tipsnya:

-Tandai terlebih dahulu gadget / widget apa yang ingin dibuang. Pada saat kita menambahkan gadget / widget maka gadget yang ditambahkan akan memiliki nama msing-masing yang berbeda satu sama lainnya antara gadget yang satu dengan gadget yang lainnya..
Misalnya :untuk html / javascript ; HTML1, HTML2, HTML3 dan lain-lain. untuk label;Label1,Label2 dst. begitu juga untuk gadget / widget yang lainnya.
- Selanjutnya Masukkan kode dibawah ini tepat diatas kode </head>
<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://mybloggerseo.blogspot.com/2009/10/kerja-keras-adalah-energi-kita.html&quot;'>
<style>
#HTML1 {display:none;}
</style>
</b:if>
- Ganti Alamat url http://mybloggerseo.blogspot.com/2009/10/kerja-keras-adalah-energi-kita.html dengan alamat postingan yang ingin dihilangkan gadget/widgetnya.
- Ganti kode #HTML1 dengan gadget / widget yang ingin di sembuyikan.
- Jika Anda ingin  menyembunyikan banyak gadget / widget maka tinggal tambahkan saja kode gadget pada kode #HTML1 dipisah dengan tanda koma.
misal: #HTML1,#HTML2,#HTML3,#HTML4,#HTML5,#Label1,#Followers1 dan lain-lain gadget yang ingin anda hilangkan pada halaman tertentu

Lengkapnya seperti ini:

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://mybloggerseo.blogspot.com/2009/10/kerja-keras-adalah-energi-kita.html&quot;'>
<style>
#HTML1,#HTML2,#HTML3,#HTML4,#HTML5,#Label1,#Followers1 {display:none;}
</style>
</b:if>

-Simpan dan lihat hasilnya serta rasakan sensasi kecepatan halaman postingan yang gadgetnya anda hilangkan lalu bandingkan dengan halaman postingan yang lainnya yang dipenuhi banyak gadget.Apa yang anda rasakan?Silahkan sharing perasaan anda disini melalui kolom komentar.


Artikel ini bermanfaat? silahkan gunakan tombol dibawah ini untuk mengirimkan artikel ke seluruh teman-teman anda di facebook.twitter.technoratti.myblogblog.dan lain-lain.Karena sharing is caring berbagi merupakan bentuk kepedulian kita terhadap teman agar apa yang kita ketahui bisa diketahui juga oleh teman kita lainnya. Bookmark and Share

6 komentar:

Unknown mengatakan...
Thank bgt friend atas sharingnya. Memang benar terlalu byk gambar menjadikan blog loadingnya lama. Saya belum coba teknik compress ini, tetapi bakalan dicoba pasti...
Cecilia Putri Utama mengatakan...
@amrihdwf:sama-sama mas moga bermanfaat tips optimalkan halaman webnya..
Kontes SEO bisnis syariah online produk herbal PT.Exer Indonesia rekomendasi MUI mengatakan...
thanks informasi baru nih
luckface mengatakan...
gimana caranya mengetahui nama-nama gadget atau widget tersebut??
Unknown mengatakan...
susah bgt kelihatannya

tapi akan ku coba
damm11 mengatakan...
mantap tips nya gan..

Posting Komentar

Sesingkat Apapun komentar Anda.Sekejam apapun kritikan anda.Sepedas apapun kata-kata Anda.Semanis apapun pujian Anda selama itu masih berhubungan dengan topik yang ada di halaman posting ini maka Saya sangat menghargai apa yang anda utarakan dan akan menjalin hubungan pertemanan yang baik antar sesama pemilik blog.Anda berkomentar,saya berkunjung ke blog anda untuk segera memulai hubungan pertemanan yang baik.Terima kasih Teman.